Masjid Perahu

Beberapa waktu lalu penasaran dengan lorong kecil diantara gedung apartemen yg angkuh disamping Flyover Tebet. Hanya sebuah gapura kecil bertuliskan “Masjid Agung Al Munada Darussalam Baiturrahman” menandai keberadaan masjid ini. Masjid agung seperti apa yang bahkan akses masuknya pun hanya berupa jalan setapak, lorong yang hampir gelap penuh coretan.

Ternyata sebuah masjid kecil yang terkesan Kuno dengan arsitektur yang unik terselip diantara gedung gedung baru. Uniknya lagi ada sebuah perahu di sisi sebelah halamanya yang juga di fungsikan sebagai tempat mengambil air wudhu bagi jemaah. Karena bangunan berbentuk perahu ini maka masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Perahu.

Terdapat 3 ruangan di masjid ini. Dengan ruangan utama hanya 10×10 meter. Ornamen ukiran Jati memenuhi sisi Kiblat dan atapnya. 4 tiang utama dengan diameter sekitar 80cm juga kokoh dari jati berukir. Granit berwarna hitam pada lantai dan hijau toska lumut pada dindingnya menambah kesan Klasik masjid ini. Adem rasanya bisa sholat tarawih disini. Dengan bacaan yang sederhana dan tidak mengambil surah panjang, 23 rakaat terasa nyaman dan tidak terburu buru.

Masih ada lagi yang unik. Alquran super besar berukuran 2meter dengan ketebalan 30cm menjadi salah satu koleksi berharga. Dan beberapa batu giok juga terpajang dalam kaca. Jangan bayangkan batu giok seukuran cincin atau sekepal tangan tapi segede 3-4 kali ukuran bola sepak yang tersimpam terawat. Ada juga yang lebih besar di letakan di samping mimbar dan di depan pintu.

Demikian sekilas kunjungan ke masjid agung yang konon terinspirasi kisah Nabi Nuh, dan ternyata tidak terlalu jauh dr kantor saya.

Selamat berpuasa hari ke 5.

-dari KRL Bogor, sehabis ronda malam-
Hans | 10th http://www.trihans.com | @trihansdotcom

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s